Jumat, 11 Februari 2011

Obama mendesak militer untuk menjamin transisi demokrasi

Presiden AS Barack Obama menyatakan pengunduran diri Presiden Hosni Mubarak mencerminkan kehendak rakyat Mesir. Obama juga mendesak militer yang telah menerima kekuasaan itu menjamin transisi menuju "demokrasi murni".

Obama menyampaikan pernyataan itu setelah Mubarak menyerahkan kekuasaan kepada militer Mesir sesudah pemberontakan rakyat selama 18 hari, dan Washington kini menghadapi ketidakpastian dan tantangan besar dalam menghadapi peralihan kekuasaan yang berpotensi menimbulkan pergolakan, Jumat (11/2).

"Rakyat Mesir telah berbicara," kata Obama kepada wartawan. "Rakyat Mesir memperjelas bahwa tidak ada yang lebih penting kecuali demokrasi murni setiap harinya."
      
Ia mengakui bahwa ini bukan akhir dari segalanya, namun baru permulaan dari transisi Mesir menuju demokrasi. "Nantinya akan banyak hari-hari sulit yang dihadapi dan banyak pertanyaan yang belum terjawab," katanya.

Meski peranan AS dalam pengunduran diri Mubarak tetap tidak jelas, Mohamed Hussein Tantawi, ketua dewan militer yang mengambil alih kendali pemerintahan, telah berbicara lima kali melalui telepon dengan Menteri Pertahanan AS Robert Gates selama pemberontakan 18 hari itu, termasuk pada Kamis malam.

Washington mengambil sikap yang sangat halus sejak demonstrasi massal meletus, dengan mendukung aspirasi demokratis pemrotes namun berusaha tidak terang-terangan meninggalkan Mubarak, sekutu lamanya, atau mendorong pergolakan yang bisa meluas ke daerah-daerah lain di kawasan minyak itu.

Obama, yang berulang kali mendesak transisi yang tertib, kini menghadapi tantangan membantu memastikan reformasi politik luas di negara Arab yang paling padat itu sambil menjaga agar kelompok muslim garis keras tidak mengganggu kepentingan AS di kawasan itu.

Ia akan menghadapi ujian menjaga peralihan kekuasaan di Kairo dari sekutu-sekutu Timur Tengah yang resah seperti Arab Saudi dan Israel, atau musuh-musuh yang berbesar hati seperti Iran dan Al-Qaeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar