Sabtu, 12 Maret 2011

Jadiikan situs kita idola Google

SEO, itu istilah kerennya. Kepanjangan dari Search Engine Optimization ini emang lagi asyik2nya aku telaah lebih dalam, ini lebih dari sekedar berburu nama di search engine paling Top saat ini (Google), tapi juga akan membuat pemahaman kita tentang semantic web menjadi lebih luas ^_^. Disini kita akan ngebahas dikit tentang SEO dan faktor2 apa aja yang bisa ningkatin ranking kita di search engine paling top abad ini, yaitu Google.

Mari kita duduk dulu melingkar di karpet yang luas, menenggak segelas air, kemudian mengehela nafas. Apa itu SEO?

SEO adalah istilah yang digunakan untuk mendapatkan rating tertinggi pada saat pencarian oleh sebuah search engine, ketika user mengetikan Web Design di sebuah search engine seperti google, maka yang mendapat rating tertinggi adalah web yang berada paling atas pada daftar pencarian. Bagaimana caranya agar bisa mendapat tempat tertinggi tersebut?, sejauh ini mungkin ada 2 cara yang halal yaitu :
1. Kesabaran
2. Teknik SEO
Kenapa kesabaran? Sungguh akan sangat memalukan jika kita mendapat rating tertinggi namun sudah buruk sekali dipandang oleh orang-orang, jangan sampai kita mendapatkan rating tertinggi dengan cara-cara curang seperti Spamming, dan lain-lain..
Teknik SEO, ada beberapa teknik yang bisa memungkinkan kita mendapatkan rating meningkat di google, tapi tentu saja cara ini membutuhkan waktu dan kesabaran, dan kita sebaiknya mengetahui tentang konsep web semantic, serta apa saja yang dibenci oleh search engine..

Pertama, konsep desain. Desain bukanlah sekedar tata letak, bentuk huruf, kombinasi warna, dan susunan kata-kata yang indah. Ada beberapa tempat yang seharusnya berada pada tempatnya dan itu memang mutlak harus ada jika ingin meningkatkan rating di Search Engine, mari kita bahas beberapa tag html yang sekiranya penting..

<TITLE></TITLE>

Tag tersebut bukanlah hanya untuk menampilkan judul situs, tetapi juga untuk menjelaskan apa isi yang ada di situs tersebut. Sebuah majalah remaja tidak akan laku terjual jika pada sampulnya hanya tertulis nama majalahnya saja, sebaliknya majalah yang menampilkan judul berita terhangat pada sampulnya pasti lebih banyak terjual. Sama halnya dengan pencarian search engine, Tag TITLE memegang peranan penting dalam SEO, contoh tag TITLE yang bagus adalah :

<TITLE>BLABLABLA.NET Email Gratis, Chatting Gratis, Tempat Gaul Paling Asyik</TITLE>

Tag diatas cukup ampuh untuk menarik perhatian search engine, sehingga jika kita mengetikan Email Gratis di sebuah Search Engine, maka akan muncul BLABLABLA.NET..
Satu hal yang perlu diingat, jika di title tertulis Email Gratis, Chatting Gratis, atau apapun juga, maka konten di dalam web tersebut haruslah juga berhubungan dengan titlenya, jika tidak, user yang mengklik web kita di search engine akan merasa sangat dibohongi.

<TABLE></TABLE>

Nah, ini dia tag paling menyebalkan bagi Google, kalau kita tidak bermaksud untuk menampilkan data dalam bentuk tabular, sebaiknya hindari penggunaan TABLE, dan lebih banyak ke DIV. Selain menyebalkan bagi google, tag table juga sangat tidak fleksible dari sisi desain, sekarang sudah banyak situs-situs yang tidak lagi menggunakan table (tabless), tapi itu bukan berarti kita tidak boleh menggunakan/tidak perlu menggunakan table lagi, kita tetap akan menggunakannya jika ingin membuat sebuah data tabular.

<H1>, <H2>, <H3>, <H4>, <H5>, <H6>

Sekarang ayo pada ngaku, siapa yang menggunakan tag-tag heading untuk mengincar size fontnya? hehehe.. Kalo merasa, sebaiknya tinggalkan anggapan tersebut. tag2 heading bukanlah dipakai untuk mengubah fontsize, ada hal yang lebih mendalam dari sekadar font size..
Masih di tag heading, konsep semantic web sebenarnya adalah bagaimana cara kita mengimplementasikan sebuah web yang sangat terstruktur, sehingga dari sisi coding mudah dibaca, dari sisi user mudah di navigasikan. Tag Heading adalah perwakilan dari "aku menjabat sebagai apa", untuk lebih jelasnya, coba liat contoh berikut :
1. PHP
1.1 Pengertian PHP
1.1.1 Konsep Logika
1.1.2 Contoh Program Sederhana
1.2 Tipe Data
1.2.1 String
1.2.2 Integer
1.2.3 Boolean

Dari data-data diatas, setiap sub bab memiliki bab induk yang akan menjelaskan apa saja isi sub-bab tersebut, begitu juga dengan tag Heading, kita perlu mendefinisikan tag heading yang lebih dalam ketika sudah masuk dalam sub bab, dan tag heading yang paling induk dimasukan di master content. Ini menjelaskan bahwa tag heading <h1> bukanlah sekedar fontsizenya yang besar, melainkan karena dia adalah judul dari salah satu isi dokumen. Pengaruhnya terhadap web yang kita kelola tentu saja sangat besar, seperti :
1. Web kita lebih mendekati terhadap apa yang namanya Semantic Web
2. Search Engine semacam google akan dengan mudah mengindex web kita jika setiap judul dan isinya teratur

Masih banyak lagi keuntungan-keuntungan dari semantic web, tapi sekarang kita sedang fokus ke SEO.
Sebenarnya ada banyak tag-tag html yang berperan sangat penting dalam SEO, tapi itu bisa kita pelajari di artikel2 lainnya di internet, sekarang kita masuk ke trik-trik lainnya dalam mencapai SEO yang memuaskan..

1. Membuat Signature Email
Salah satu cara meningkatkan SEO bagi yang suka berkorespondensi adalah membuat signature email atau signature digital apa saja, dalam bentuk link ke situs webnya, sehingga ketika user mengklik signature tersebut, rating kita akan bertambah di search engine, apalagi saat signature itu muncul di situs web yang sudah terkenal ^_^

2. Banner
Memasang banner di web orang lain biasanya memakan biaya, tapi bisa jadi jalur bagus juga untuk meningkatkan rating, aku gak bisa jelasin secara detail karena belum pernah masang banner web pribadi ke tempat orang lain ^_^

3. Mengklik Url di search engine
Salah satu cara melelahkan, tapi cukup ampuh, jika link kita udah masuk di search engine, sering-sering aja di klik. Tapi yang pasti butuh kesabaran :)

Masih banyak lagi teknik-teknik meraih Search Engine Optimization dengan ampuh, seperti menambahkan META TAG dan lain sebagainya, tapi tentu aja harus diimbangin dengan sportifitas kita, sebab jika sampai web kita ketahuan mendapat rating yang tinggi dengan cara yang curang, pasti database kita di search engine tersebut bakal dihapus, dan yang pasti : KEHILANGAN PENGUNJUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar